Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang agroteknologi sehingga mampu berperan dalam pembangunan bangsa.
  2. Terbedayanya masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat.
  3. Berkembangnya unit-unit wirausaha berbasis sumberdaya lokal melalui sistem kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran

  1. Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia, terutama mahasiswa/i lokal, baik dari segi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa maupun dari segi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang agroteknologi.
  2. Meningkatnya kualitas pembelajaran, serta relevansi, produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sesuai perkembangan zaman namun tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat lokal.
  3. Meningkatnya nilai guna sumberdaya alam lokal dengan tetap menjaga kelestariannya.
  4. Meningkatnya interaksi positif antara pemangku kepentingan demi kemajuan daerah pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Strategi Pencapaian

Strategi pencapaian dilakukan dengan membagi rentang waktu pencapaian ke dalam tiga periode, yaitu periode pembangunan (2014-2018), periode pengembangan (2018-2022), dan periode pemantapan (2022-2026).

Pada periode pembangunan (2014-2018), strategi yang ditempuh berkenaan dengan:

  1. Peningkatan relevansi pendidikan, dengan cara meningkatkan kecukupan dan kualitas prasarana dan sarana pendidikan dan akademik untuk mewujudkan pelayanan dan prestasi yang bermutu.
  2. Mendorong proses pendidikan dan pembelajaran yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, dan berkarakter, meningkatkan kemampuan kewirausahaan lulusan, dan memperkuat implementasi sistem penjaminan mutu internal.
  3. Menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kompetensi lulusan melalui program praktek lapang, penelitian dan publikasi bersama.

Pada periode pengembangan (2018-2022), strategi yang akan ditempuh berkenaan dengan:

  1. Penerapan dan pemantauan pelaksanaan kurikulum yang akuntabel secara konsisten dan berkesinambungan sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan.
  2. Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi akademik yang profesional.

Pada periode pemantapan (2022-2026), strategi yang akan ditempuh berkenaan dengan:

  1. Pengembangkan laboratorium, rumah kaca, rumah kasa dan kebun percobaan sebagai pusat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan program-program yang bersifat inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan

Bagikan halaman ini